MACAM-MACAM PERNGKAT KERAS
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Perangkat
lunak (SoftWare) telah berkembang sedemikian pesat seiring dengan kemajuan
teknologi. Saat ini telah beredar ribuan perangkat lunak baik yang berlisensi
(shareware) maupun gratisan (freeware). Perangkat keras komputer adalah semua
bagian fisik komputer,
dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di
dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software)
yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan
antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram jika kita
berbicara mengenai firmware, karena firmware ini
adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras.
Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer,
yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
B. TUJUAN
Adapun tujuan disusunnya makalah ini
antara lain :
1. Untuk
mengetahui beberapa bagian perangkat lunak dan perangkat keras
2. Untuk
memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERANGKAT
LUNAK
Perangkat lunak
atau software adalah sekumpulan data elektronik yang tersimpan
dan dikendalikan oleh perangkat komputer. Data elektronik tersebut meliputi
instruksi atau program yang nantinya akan menjalankan perintah khusus.
Perangkat lunak juga disebut sebagai bagian sistem dalam komputer yang tidak
memiliki wujud fisik yang diinstal dalam sebuah komputer atau laptop agar bisa
dioperasikan.
B. MACAM-MACAM
PERANGKAT LUNAK
Terdapat 4 macam perangkat lunak,
yaitu:
1. Perangkat
Lunak Sistem Operasi
Perangkat lunak
sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem kerja mendasar yang
ada di komputer. Jenis perangkat ini merupakan platform yang memungkinkan
perangkat lunak dan aplikasi lain untuk dapat berfungsi. Sistem operasi
mengatur segala proses, termasuk mengelola memori, menerjemahkan input, output,
tabel pengkodean, dll. Pada intinya, Perangkat ini menghubungkan pengguna,
perangkat keras, dan perangkat lunak aplikasi agar dapat digunakan sebagai
secara bersamaan. Contoh dari perangkat lunak sistem operasi adalah Microsoft
Windows, linux, Mac, IOS Apple, Google Android, dan OS Windows Phone.
2. Perangkat
Lunak Aplikasi
Sesuai namanya,
macam perangkat lunak ini adalah deretan aplikasi atau program yang tersedia di
komputermu yang biasa digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu.
Aplikasi menjadi jenis software yang paling sering digunakan oleh banyak orang
sekaligus dikenal sebagai perangkat non esensial yang berarti harus diinstal
terlebih dahulu dan dioperasikan sesuai kebutuhan penggunanya. Contohnya
seperti Adobe Photoshop, Skype, Adobe Premiere, Ms. Excel, dan masih banyak
lagi.
3. Perangkat
Lunak Pemrograman
Perangkat lunak
Pemrograman adalah software yang berguna untuk menerjemahkan
instruksi-instruksi dari bahasa program ke kode bahasa mesin melalui prosedur
tertentu agar dapat diterima dan dibaca oleh komputer. Perangkat lunak ini
umumnya digunakan oleh seorang programmer untuk menerjemahkan, menulis,
menguji, mengembangkan, hingga men-debug software lain, seperti perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi. Misalnya saja Python, PHP, Java, C ++,
BASIC, COBOL, FORTRAN, dan Pascal.
Terdapat 3 level bahasa
pemrograman, yakni:
1. Bahasa
tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga sebagai
bahasa mesin di mana pengkodeannya menggunakan angka 0 dan 1.
2. Bahasa
tingkat tinggi (high level language)
Pengkodean bahasa pemrograman ini
menggunakan bahasa Inggris. Beberapa contohnya seperti yang telah disebutkan di
atas yaitu BASIC, COBOL, FORTRAN, dll.
3. Bahasa
generasi keempat (4 GL)
Bahasa ini berfokus terhadap objek
atau yang dikenal dengan Object Oriented Programming (OOP). Contohnya adalah
Delphi, Visual Basic, Visual C++.
4. Perangkat
Lunak Tambahan/Program Bantu (Utility)
Software ini merupakan aplikasi yang
berguna untuk membantu pengelolaan komputer, seperti mengkompres file, melindungi
sistem, memformat disket, mengkopi data, mengatur harddisk, dan lain-lain.
Contohnya seperti Winzip, Antivirus, Scandisk, Norton Utility, dan Defragment.
C. CONTOH
PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak
menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam
meningkatkan produktivitas kerja. Terdapat banyak kategori software yang
digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pengguna. Berikut beberapa contoh
software yang sering digunakan:
1. Software System
Perangkat
lunak ini berperan sebagai sistem operasi komputer, contohnya seperti Windows,
linux, dan Mac.
2. Software Browser
Sesuai
namanya, software ini memiliki fungsi sebagai mesin pencari situs untuk
mendapatkan berbagai informasi secara online. Beberapa di antaranya adalah
Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan sebagainya.
3. Microsoft Office
Software
ini sangat berguna untuk mempermudah atau meningkatkan efisiensi berbagai
pekerjaan kantor, seperti perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka
(akuntansi), media presentasi, dan lain-lain. Contohnya seperti Microsoft
Excel, Microsoft Word, Outlook, dan Powerpoint.
4. Paint Software
Software
yang digunakan untuk mengolah gambar atau desain, mulai dari proses membuat
suatu gambar hingga editing desain dapat dilakukan dengan beberapa perangkat
lunak ini, yaitu Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint, dll.
5. Software Anti Virus
Perangkat
lunak ini berfungsi untuk mencegah masuknya serangan virus-virus yang dapat
merusak sistem ke dalam komputer. Antivirus berperan penting untuk mencegah
komputer dari serangan virus yang mungkin masuk pada saat kamu download file
online atau dari USB yang tersambung ke komputer. Contoh software anti virus
ada Smadav, AVG, Norton, dan masih banyak lagi.
D. PERANGKAT
KERAS
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Komponen
dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit
Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
Ø Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
Ø Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
E. MACAM – MACAM PERANGKAT KERAS
Unit masukan atau peralatan input ini
terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya
dipakai adalah keyboard jenis QWERTY.
b.
Mouse
Fungsi alat ini
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat
sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan
lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut
dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click).
c.
Scanner
Scanner adalah
sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks
yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
2.
Process device (unit Pemrosesan)
a.
Power Supplay
Lower
supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay
mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan
komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya
sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer
yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt
dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal (
unit tambahan).
b.
RAM (Random Access
Memory) – Memory
RAM
merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah
pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan
menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat
untuk diolah menjadi informasi.
c.
Kartu grafis (unit
keluaran)
Kartu
grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan
dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari
rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU
pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap
video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire,
dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu
grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
d.
Prosesor (unit
pemprosesan)
Pengertian
Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer.
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan
komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan
menjalankan sistem operasi Anda.
e.
Motherboard (unit
pemprosesan)
Motherboard
atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik
saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.Motherboard yang banyak ditemui
dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan
dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
3.
Output device ( Unit keluaran )
a.
Monitor
monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan.
Monitor
memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan
ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang
akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar
dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar
(flat).
b.
Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis
Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
a.
Harddisk (HDD)
Harddisk
bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah
sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat
penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk
pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson
pada tahun 1956.
Harddisk
yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50
piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai
1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Data yang
disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik.
Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk
memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
5.
Periferal (unit tambahan)
a.
Modem
Pengertian
Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi,
yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier
signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media
tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer
yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.
b.
kartu suara
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai
pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di
setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
Ø Sound
Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard
komputer.
Ø Sound
Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Ø Soundcard
External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui
port eksternal, seperti USB atau FireWire
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Perangkat Lunak
(software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin
komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan
bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip
lainnya.
Perangkat Lunak
(software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang
diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika
yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan
program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini
melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.
Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti
oleh mesin komputer.
B.
SARAN
Makalah yang kami
susun mengenai “Perangkat Keras dan Perangkat lunak” mungkin belumlah
cukup tanpa penjelasan lebih lanjut dari guru pembimbing mata pelajaran
Informatika serta referensi-referensi dari artikel yang terkait dengan
perangkat keras dan perangkat lunak.
DAFTAR PUSTAKA
Ø http://www.scribd.com/doc/11634193/perangkat-lunak-komputer
fungsi.html
Ø http://www.docstoc.com/docs/35300166/Perangkat_keras.htm
Ø http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-perangkat-lunak-software.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat