RENCANA DAN PROPOSAL PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
A.
RENCANA PERBAIKAN
Menuangkan
alternatif perbaikan menjadi sebuah rencana yang siap untuk dilaksanakan
menuntut guru mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat. Rencana perlu kita
tuangkan dalam sebuah format, yang memungkinkan kita membuat perencanaan secara
sistematis. Format Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) pada dasarnya sama
dengan format rencana pembelajaran sehari-hari, dengan tambahan
komponen-komponen yang terkait dengan perbaikan. Berikut ini dicantumkan format
RP dan format RPP yang sudah diisi dengan lengkap. Coba Anda kaji dengan cermat
kedua contoh tersebut. Bandingkan, sehingga Anda menemukan perbedaan dan
persamaannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : IPA
Pokok Bahasa : Tata surya/Sistem
Tata surya
Subpokok Bahasan : Matahari dikelilingi oleh 9
planet dan benda langit lainnya.
Kelas/Semester : VI/II
Waktu : 45 menit
A.
Kompetensi
Dasar
Siswa mampu memahami
tentang sistem tata surya
B.
Indikator:
1. Menjelaskan
pengertian tata surya
2. Menyebutkan
nama-nama planet dalam tata surya
3. Mengidentifikasi
planet yang ada kehidupannya
4. Menjelaskan
terjadinya siang dan malam.
I.
Materi, Media, dan Sumber
Sistem
tata surya: matahari dan 9 planet: Gambar susunan tata surya Buku IPA kelas VI
II.
Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan
Awal: (5 menit)
1. Tanya
jawab tentang pelajaran yang lalu
2. Menyampaikan
tujuan dan kegiatan
B. Kegiatan
Inti: (25 menit)
1. Menjelaskan
sistem tata surya dengan menggunakan gambar
2. Menunjukkan
dengan gambar planet-planet yang mengitari matahari
3. Tanya
jawab
C. Kegiatan
Penutup: (10 menit)
1. Merangkum
2. Memberikan
tes tertulis
III.
Evaluasi: Pada akhir pelajaran, dalam bentuk 5
butir tes objektif.
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : IPA
Pokok Bahasa : Tata surya/Sistem Tata surya
Subpokok Bahasan : Matahari dikelilingi oleh 9 planet
dan benda langit lainnya.
Kelas /Semester : VI/II
Waktu : 40 menit
I.
Tujuan:
A. Kompetensi
Dasar:
Siswa mampu memahami
tentang sistem tata surya
B. Indikator:
1. Menjelaskan
pengertian tata surya
2. Menyebutkan
nama-nama planet dalam tata surya
3. Menjelaskan
terjadinya siang dan malam.
4. Mengidentifikasi
planet yang ada kehidupannya
Tujuan Perbaikan:
1.
Meningkatkan pemahaman siswa melalui peragaan dengan
menggunakan globe dan lampu senter.
2.
Menyebarkan pertanyaan minimal kepada 10 orang siswa.
II.
Materi, Media dan Sumber
Sistem
tata surya: matahari dan 9 planet:
1. Gambar
susunan tata surya
2. Globe
dan lampu senter
3. Buku
IPA kelas VI
4. Gambar-gambar
planet yang dibawa oleh anak-anak.
III.
Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan
Awal: (5 menit)
1. Memberi
salam dan menanyakan keadaan anak-anak.
2. Mengajukan
pertanyaan berikut.
a. Bagaimana
cuaca tadi malam?
b. Kalau
cuaca terang, apa yang anak-anak lihat di langit?
c. Berapa
banyak bintang yang ada di langit?
d. Kalau
siang hari, apa yang terlihat di langit?
3. Menyampaikan
tujuan, manfaat pelajaran, dan kegiatan, yaitu anak-anak akan bermain dengan
globe dan lampu senter, serta berdiskusi dalam kelompok.
B. Kegiatan
Inti: (25 menit)
1. Guru
menempelkan gambar tata surya di papan, meminta siswa membaca nama-nama planet,
kemudian menunjukkan apa yang disebut sebagai tata surya.
2. Nama-nama
planet ditutup, kemudian siswa secara acak diminta menuliskan nama planet yang
ditunjuk oleh temannya.
3. Guru
memperagakan terjadinya siang dan malam dengan menggunakan globe dan lampu
senter. Beberapa siswa diberi kesempatan melakukan peragaan tersebut.
4. Guru
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perubahan belahan bumi yang
mendapat sinar matahari selama terjadi rotasi bumi.
5. Berdasarkan
hasil pengamatan dan tanya jawab, guru meminta siswa berdiskusi dengan teman di
sebelahnya, mengapa terjadi siang dan malam.
6. Hasil
diskusi dimantapkan.
7. Dengan
didahului pertanyaan: apa yang diperlukan agar makhluk dapat hidup, guru
menjelaskan tentang kehidupan yang ada di bumi karena bumi punya atmosfer.
C. Kegiatan
Penutup (10 menit)
1. Membimbing
siswa merangkum pelajaran.
2. Memberikan
tes tertulis.
IV.
Evaluasi:
1. Evaluasi
dilakukan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab lisan, dan pada akhir
pelajaran dengan tes tertulis.
2. Alat
Evaluasi: pertanyaan lisan dan tertulis sebagai berikut.
a. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan tata surya.
b. Sebutkan
planet-planet yang mengelilingi matahari dari yang paling dekat sampai yang
paling jauh dengan matahari.
c. Jelaskan
mengapa ada siang dan malam.
d. Di
planet mana terdapat kehidupan? Mengapa?
1.
Skenario Pembelajaran
Jika
Anda cermati langkah pembelajaran pada contoh RPP di atas, Anda akan melihat
bahwa langkah-langkah tersebut menggambarkan langkah perbaikan yang akan
dilakukan oleh guru, mulai dari membuka pelajaran sampai dengan menutup
pelajaran. Langkah-langkah yang ditempuh ini diharapkan mampu menghasilkan
perbaikan yang dirancang oleh guru, misalnya seperti yang terdapat pada RPP
perbaikan di atas, perbaikan yang dirancang berupa peningkatan pemahaman dan
keaktifan siswa (dengan menggunakan alat peraga dan menyebarkan pertanyaan
kepada minimal 10 siswa).
2.
Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Pembelajaran
Sarana
dan prasarana, termasuk alat peraga, yang diperlukan dalam pembelajaran harus
disiapkan dengan hati-hati, lebih-lebih jika dalam alternatif tindakan secara
khusus dimasukkan penggunaan alat peraga tertentu
3.
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
Lengkap
Setelah
mengembangkan skenario pembelajaran dan menyiapkan sarana dan prasarana
pembelajaran, kini Anda siap menuangkan semua itu ke dalam format RPP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(PERBAIKAN)
Mata Pelajaran : IPS
Pokok Bahasan : Sumber daya alam
Subpokok Bahasan : Jenis, persebaran, dan pemanfaatan
sumber daya alam
Kelas/Semester : V/II
Waktu : 40 menit
I. Tujuan:
A.
Kompetensi Dasar:
Siswa mampu
menunjukkan jenis, persebaran, dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kegiatan
ekonomi.
B. Indikator:
1. Dapat
membedakan hutan homogen dan hutan heterogen.
2. Dapat
menjelaskan manfaat hutan bagi kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
semoga bermanfaat