Cari Materi

Pengikut

20 Oktober 2024

RENCANA DAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

RENCANA DAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

A.    RENCANA PERBAIKAN

Menuangkan alternatif perbaikan menjadi sebuah rencana yang siap untuk dilaksanakan menuntut guru mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat. Rencana perlu kita tuangkan dalam sebuah format, yang memungkinkan kita membuat perencanaan secara sistematis. Format Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) pada dasarnya sama dengan format rencana pembelajaran sehari-hari, dengan tambahan komponen-komponen yang terkait dengan perbaikan. Berikut ini dicantumkan format RP dan format RPP yang sudah diisi dengan lengkap. Coba Anda kaji dengan cermat kedua contoh tersebut. Bandingkan, sehingga Anda menemukan perbedaan dan persamaannya.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Mata Pelajaran                        : IPA

Pokok Bahasa                         : Tata surya/Sistem Tata surya

Subpokok Bahasan                 : Matahari dikelilingi oleh 9 planet dan benda langit lainnya.

Kelas/Semester                        : VI/II

Waktu                                     : 45 menit

 

A.    Kompetensi Dasar

Siswa mampu memahami tentang sistem tata surya

B.     Indikator:

1.      Menjelaskan pengertian tata surya

2.      Menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya

3.      Mengidentifikasi planet yang ada kehidupannya

4.      Menjelaskan terjadinya siang dan malam.

 

 

 

 

I.     Materi, Media, dan Sumber

Sistem tata surya: matahari dan 9 planet: Gambar susunan tata surya Buku IPA kelas VI

 

II.  Kegiatan Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal: (5 menit)

1.      Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu

2.      Menyampaikan tujuan dan kegiatan

B.     Kegiatan Inti: (25 menit)

1.      Menjelaskan sistem tata surya dengan menggunakan gambar

2.      Menunjukkan dengan gambar planet-planet yang mengitari matahari

3.      Tanya jawab

C.     Kegiatan Penutup: (10 menit)

1.      Merangkum

2.      Memberikan tes tertulis

 

III.   Evaluasi: Pada akhir pelajaran, dalam bentuk 5 butir tes objektif.

 

 

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran                 : IPA

Pokok Bahasa                  : Tata surya/Sistem Tata surya

Subpokok Bahasan          : Matahari dikelilingi oleh 9 planet dan benda langit lainnya.

Kelas /Semester                : VI/II

Waktu                              : 40 menit

 

I.  Tujuan:

A.    Kompetensi Dasar:

Siswa mampu memahami tentang sistem tata surya

 

 

B.     Indikator:

1.      Menjelaskan pengertian tata surya

2.      Menyebutkan nama-nama planet dalam tata surya

3.      Menjelaskan terjadinya siang dan malam.

4.      Mengidentifikasi planet yang ada kehidupannya

Tujuan Perbaikan:

1.        Meningkatkan pemahaman siswa melalui peragaan dengan menggunakan globe dan lampu senter.

2.        Menyebarkan pertanyaan minimal kepada 10 orang siswa.

 

II.    Materi, Media dan Sumber

Sistem tata surya: matahari dan 9 planet:

1.      Gambar susunan tata surya

2.      Globe dan lampu senter

3.      Buku IPA kelas VI

4.      Gambar-gambar planet yang dibawa oleh anak-anak.

 

III. Kegiatan Pembelajaran:

A.    Kegiatan Awal: (5 menit)

1.      Memberi salam dan menanyakan keadaan anak-anak.

2.      Mengajukan pertanyaan berikut.

a.       Bagaimana cuaca tadi malam?

b.      Kalau cuaca terang, apa yang anak-anak lihat di langit?

c.       Berapa banyak bintang yang ada di langit?

d.      Kalau siang hari, apa yang terlihat di langit?

3.      Menyampaikan tujuan, manfaat pelajaran, dan kegiatan, yaitu anak-anak akan bermain dengan globe dan lampu senter, serta berdiskusi dalam kelompok.

 

B.     Kegiatan Inti: (25 menit)

1.      Guru menempelkan gambar tata surya di papan, meminta siswa membaca nama-nama planet, kemudian menunjukkan apa yang disebut sebagai tata surya.

2.      Nama-nama planet ditutup, kemudian siswa secara acak diminta menuliskan nama planet yang ditunjuk oleh temannya.

3.      Guru memperagakan terjadinya siang dan malam dengan menggunakan globe dan lampu senter. Beberapa siswa diberi kesempatan melakukan peragaan tersebut.

4.      Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan perubahan belahan bumi yang mendapat sinar matahari selama terjadi rotasi bumi.

5.      Berdasarkan hasil pengamatan dan tanya jawab, guru meminta siswa berdiskusi dengan teman di sebelahnya, mengapa terjadi siang dan malam.

6.      Hasil diskusi dimantapkan.

7.      Dengan didahului pertanyaan: apa yang diperlukan agar makhluk dapat hidup, guru menjelaskan tentang kehidupan yang ada di bumi karena bumi punya atmosfer.

 

C.     Kegiatan Penutup (10 menit)

1.      Membimbing siswa merangkum pelajaran.

2.      Memberikan tes tertulis.

 

IV. Evaluasi:

1.      Evaluasi dilakukan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab lisan, dan pada akhir pelajaran dengan tes tertulis.

2.      Alat Evaluasi: pertanyaan lisan dan tertulis sebagai berikut.

a.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan tata surya.

b.      Sebutkan planet-planet yang mengelilingi matahari dari yang paling dekat sampai yang paling jauh dengan matahari.

c.       Jelaskan mengapa ada siang dan malam.

d.      Di planet mana terdapat kehidupan? Mengapa?

 

1.      Skenario Pembelajaran

Jika Anda cermati langkah pembelajaran pada contoh RPP di atas, Anda akan melihat bahwa langkah-langkah tersebut menggambarkan langkah perbaikan yang akan dilakukan oleh guru, mulai dari membuka pelajaran sampai dengan menutup pelajaran. Langkah-langkah yang ditempuh ini diharapkan mampu menghasilkan perbaikan yang dirancang oleh guru, misalnya seperti yang terdapat pada RPP perbaikan di atas, perbaikan yang dirancang berupa peningkatan pemahaman dan keaktifan siswa (dengan menggunakan alat peraga dan menyebarkan pertanyaan kepada minimal 10 siswa).

 

2.      Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Pembelajaran

Sarana dan prasarana, termasuk alat peraga, yang diperlukan dalam pembelajaran harus disiapkan dengan hati-hati, lebih-lebih jika dalam alternatif tindakan secara khusus dimasukkan penggunaan alat peraga tertentu

3.      Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Lengkap

Setelah mengembangkan skenario pembelajaran dan menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran, kini Anda siap menuangkan semua itu ke dalam format RPP.

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(PERBAIKAN)

 

Mata Pelajaran                        : IPS

Pokok Bahasan                       : Sumber daya alam

Subpokok Bahasan                 : Jenis, persebaran, dan pemanfaatan sumber daya alam

Kelas/Semester                        : V/II

Waktu                                     : 40 menit

 

I.  Tujuan:

A.    Kompetensi Dasar:

Siswa mampu menunjukkan jenis, persebaran, dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kegiatan ekonomi.

B.     Indikator:

1.      Dapat membedakan hutan homogen dan hutan heterogen.

2.      Dapat menjelaskan manfaat hutan bagi kehidupan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

semoga bermanfaat